Kamis, 09 Mei 2013

PERAWATAN HP LAYAR SENTUH

Perkembangan teknologi komunikasi khususnya handphone saat ini tumbuh dengan pesat dalam dekade terakhir, kini bermacam model handphone siap memenuhi kebutuhan anda mulai dari HP musik, kamera, ataupun bisnis,dan yang akhir-akhir ini sedang ngetrend adalah handphone yang mengusung bentuk Touchscreen atau layar sentuh, sebut saja Samsung Galaxy series, Nokia Symbian, Iphone dan Ipad dari Apple. 

Tak bisa dipungkiri lagi memang, keunggulan Touchscreen dibanding ponsel dengan keyboard ada dua hal mendasar yaitu kemudahan navigasi hanya dengan menyapukan jari dan ponsel dengan layar sentuh selalu memiliki layar yang lapang untuk memuaskan mata penggunanya. 

Menggunakan handphone dengan layar sentuh juga dinilai tidak kuper alias kurang pergaulan. Tetapi dari semua keunggulannya itu, perawatan layar sentuh butuh perhatian yang lebih ekstra hati-hati dibanding handphone berkeyboard, pasalnya touchscreen yang ditempatkan pada atas LCd terbilang cukup rapuh.

Berikut Tips merawat touchscreen atau layar sentuh.
Penempatan yang harus hati-hati

Sebelum meletakkan handphone anda, selalu periksalah sekeliling tempat
tersebut, perlu sekali memperhatikan hal-hal berikut ini :

a. Jauhkan handphone dari medan magnet yang dapat mengganggu kinerja Touchscreen anda
b. Letakkan pada suhu 0 – 50 derajat celcius. Suhu yang terlalu panas dapat memuaikan kerapatan pixel pada layar sentuh, akibatnya ponsel tak responsif dan tidak pas dalam memberikan input ke CPU, begitu juga jika ditempatkan di suhu yang terlalu dingin.
c. Jangan tempatkan pada tempat yang memacu listrik statis seperti kain wol dan plastik. Handphone yang terus menerus terkena efek listrik statis akan membuat lapisan layar sentuhnya mengalami kebocoran bahkan rusak.
d.Hindarkan dari sinar matahari langsung. Karena sinar UltraViolet yang terkena langsung pada handphone mampu merusak sensor dan menurunkan kualitas LCD. Maka dari itu penggunaan pada siang hari diluar ruangann harus selalu ditutupi dengan tangan atau benda lain. Jika tidak digunakan harap dimasukkan kantong atau diletakkan telungkup.
e. Jangan taruh di tempat yang sempit seperti saku celana jeans atau tas yang penuh sesak. Touchscreen yang terus mendapat tekanan di posisi yang sama dalam jangka waktu lama dapat membuat pixel itu mati dan rusak.

Penggunaan handphone layar sentuh harus diperhatikan Tak seperti handphone dengan keyboard fisik, penggunaan HP touchscreen harus lebih hati-hati.

a. Pakailah Screen guard atau Screen protector. Ini yang wajib dilakukan agar touchscreen HP anda awet dan tidak tergores.
b. Tekanan jari saat pengoperasian perlu diperhatikan, jangan menekannya terlalu keras. Pastikan ada tanda getar maupun suara yang diaktifkan agar anda tahu seberapa kuat anda menekan layar.
Minimalisir penggunaan stylus
karena stylus akan mempercepat goresan pada touchscreen atau screen guard nya. Pakailah jari halus anda dan potong kuku secara teratur.
c. Pastikan daya baterai jangan sampai minim, periksa secara berkala baterai handphone anda, karena pengoperasian touchscreen baik resitif maupun capacitif berbasis aliran listrik yang dialirkan di touchscreen nya. Jadi ketika kita menyentuhnya dengan jari, jari ini akan menyerap listrik halus di permukaan tersebut. Kekurangan daya listrik dapat membuat handphone anda bekerja terlalu keras dan penurunan kinerja. Dan yang tak kalah penting adalah selalu jaga kebersihan tangan dan handphone anda. Sekian tips merawat touchscreen atau layar sentuh.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar