Jumat, 12 April 2013

CARA AGAR BANGUN LEBIH CEPAT DI PAGI HARI

Mungkin bagi Anda yang bekerja pagi, setiap hari jam 6 alarm berbunyi. Anda memencet tombol snooze yang malah memperburuk keadaaan dan Anda bangun 30 sampai 45 menit kemudian. Kenapa? Karena bangun pagi adalah hal yang sangat susah bagi sebagain orang. Oleh karena itu artikel berikut ini akan memberikan Anda 10 tips untuk berhasil bangun pagi dengan cepat.

 


1. Tidurlah lebih Awal
Ini adalah cara paling mudah dan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang susah bangun pagi. Yakni karena kurangnya tidur, tentunya kurang tidur akan membuat Anda susah bangun pagi dan kalaupun Anda bangun pagi, Anda akan lebih lelah.
Cara ini juga merupakan cara terbaik dibandingkan dengan cara lainnya.

2. Letakkan Alarm Jauh Dari Anda
Alarm memang bertujuan untuk membangunkan Anda. Tapi jika diletakkan di samping Anda dan terus di-snooze sampai mati, maka alarm sekarang bertujuan untuk hanya mengganggu Anda. Oleh karena itu letakkanlah alarm di tempat yang srategis dan jauh dari Anda.
Tips ini akan bekerja lebih baik jika alarm Anda memiliki suara yang keras, bahkan jika cukup keras, Anda tidak perlu meletakkannya jauh dari Anda.

3. Gunakan Beberapa Alarm
Inoi adalah alternatif lain jika Anda tidak ingin meletakkan alarm jauh dari Anda. Gunakanlah beberapa alarm untuk membantu alarm lainnya yang dekat dengan Anda. Aturlah agar alarm lainnya berbunyi 5 menit setelah alarm lainnya.
Dengan melakukan ini maka alarm akan terus berbunyi walaupun Anda melakukan snooze dan alarm akan dapat menjalankan fungsinya dengan 'baik'.

4. Letakkan Handuk Basah di Dekat Anda
Merupakan pengetahuan umum bahwa air yang dingin adalah cara bangun yang sangat efektif karena rasa kagetnya. Anda tidak perlu sampai disiram air, hanya siapkanlah handuk basah yang sudah Anda siapkan sebelum Anda tidur, dan begitu alarm berbunyi Anda dapat meletakkan handuk basah tersebut ke muka Anda.
Lebih baik handuk diletakkan di permukaan berkayu atau bak agar furnitur tidak rusak.

5. Gunakan Suara Alarm yang Lebih Kencang
Pernahkah Anda mendengar suara alarm kapal selam di iPhone? Anda mungkin mengetahui maksud dari tips ini. Suara yang sangat kencang adalah cara yang baik untuk membuat diri Anda terbagun dari tidur. Anda juga dapat mencoba mengatur agar alarm Anda berada di volume paling besar.
Apapun suara yang ada, buatlah keras dan tidak enak didengar.

6. Biarkan Sinar Matahari Masuk dari Jendela
Jika ruangan Anda memiliki jendela, aturlah agar sinar matahari dapat masuk melalui jendela terseubt di pagi hari. Pada saat itu, cahaya alami dari matahari akan mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk memacu hormon yang akan membangunkan Anda. Anda juga dapat menggunakan alarm yang memberikan cahaya terang.
Hal ini akan lebih baik jika didukung dengan Anda tidur lebih awal.

7. Cium Sesuatu yang Memberikan Energi
Mencium sesuatu yang memberikan energi seperti garam telah dibuktikan berhasil membangunkan orang-orang selama bertahun-tahun. Yang dimaksud energi di sini bukanlah harus sesuatu yang bau, tetapi mungkin wangi yang Anda suka atau dapat memotivasi Anda untuk bangun.
Seperti botol parfum berwangi jeruk, buah atau mint di sebelah ranjang Anda untuk menghilangkan rasa malas bangun.

8. Makan Sesuatu
Sama halnya dengan makan di pagi hari yang membutuhkan kesadaran, makan juga akan memotivasi Anda untuk bangun. Letakkanlah makanan kecil seperti permen di samping Anda, lebih baik jika makanan keci itu memiliki karbohidrat di dalamnya karena pada saat Anda tidur, tingkat gula darah Anda menurun. 
Letakkanlah di samping ranjang Anda agar begitu Anda ingin bangun, Anda dapat langsung meraihnya.

9. Latih Diri Anda
Daripada memaksa diri Anda untuk bangun, lebih baik latih diri Anda untuk secara instan bereaksi dengan melatih hal tersebut setiap Anda bangun. Pada siang hari, matikan semua lampu dan praktekkan begitu alarm berbunyi, Anda langsung bangun.
Dengan melakukan ini 2 kali sehari maka tubuh Anda akan secara otomatis mengingat pergerakan ini.

10. Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur
Seperti yang telah diketahui secara umum, kafein akan memberikan Anda rasa lebih segar dan mencegah Anda ngantuk. Jika Anda meminumnya sebelum Anda tidur, maka tidur Anda juga tidak akan terasa nyenyak karena untu tidur nyenyak, Anda membutuhkan waktu lebih lama.
Kafein dan Alkohol membutuhkan waktu untuk hilang dari sistem dalam tubuh Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar