Rabu, 03 April 2013

MAKAN KWACI,ANDA SEHAT !

Kwaci atau kuaci, makanan ringan yang satu ini memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan kripik, kacang dan lain sebagainya. namun siapa sangka, makanan ringan yang berasal dari biji bijian ini mengandung banyak sekali manfaat. Kwaci yang paling sering kita temui adalah kwaci yang berasal dari bunga matahari, namun kwaci juga ada yang terbuat dari biji semangka dan juga biji Labu kuning.
 
Kwaci Biji Bunga Matahari Jenis kwaci yang satu ini paling banyak kita temui, namun teryata nggak semua bungan matahari diambil bijinya untuk digunakan sebagai bahan pangan (kwaci), budidaya bunga matahari terbagi menjadi 4 golongan yaitu :
  • Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
  • Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.
Berikut ini adalah kandungan kandungan nutrisi yang ada dalam kwaci biji bungan matahari:

1. Vitamin E.
Dalam 1 ons kwaci ternyata mengandung 30persen Vitamin E .
Vitamin E berguna untuk:
  • · meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.
  • · berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • · sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.
  • · melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin ini juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas.
2. Magnesium.
Magnesium adalah mineral yang dibutukan oleh beberapa bagian tubuh termasuk tulang, sebanyak 60 persenmagnesium dalam tubuhkita tersapat di Tulang, 26 persen ada di otot. kekurangan magnesium. (). Magnesium juga dapat menurunkan tekanan darah, mencegar migrain, serta menurunkan resiko serangan jantung.

3. Selenium.
selenium adalah salah satu mineral penting yang digunakan oleh tubuh sebagai anti oksidan. manfaat selenium lainya adalah menangkal radikal bebasm meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempertahankan elestasitas kulit.
selain itu, kwaci juga mengandung lemak, vitamin B-6 dan B-12, vitamin C, vitamin A, mineral.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar