Selasa, 30 Juli 2013

NGANTUK DI SIANG HARI ? SEBAIKNYA JANGAN DI TAHAN

Jika Anda diusik dengan derita insomnia, tidur siang membantu membayar utang tidur malam Anda. Atau, ketika tubuh mulai mengantuk setelah makan siang, mungkin ada baiknya Anda memejamkan mata sebentar.

 

Penelitian di tahun 2008 oleh peneliti University of New York menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Dan penelitian sebelumnya oleh tim Allegheny College di Pennsylvania menunjukkan bahwa tidur siang sebentar dapat menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko kematian karena penyakit jantung.

Orang yang tidur siang juga cenderung memiliki memori lebih baik. Para peneliti percaya bahwa tidur siang membantu 'me-recharge' hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek.

Banyak orang yang secara teratur melakukan tidur siang. Margaret Thatcher memerintahkan asistennya untuk tidak mengganggunya antara jam 14.30 - 15.30. Bahkan Bill Clinton pun melakukan hal yang sama setiap hari sekitar jam 15.00. Albert Einsten, Aleanor Roosevelt dan Johanner Brahms pun juga selalu tidur siang

Kami menyarankan agar Anda tidur siang di sofa bukan di tempat tidur agar mengurangi godaan terlalu lama untuk tidur. Jadi, tidurlah selama 20 hingga 90 menit untuk manfaat yang optimal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar