Rabu, 30 Januari 2013

FAKTA MENARIK SEPUTAR POHON ASAM JAWA

Kecut-kecut tapi banyak manfaatnya,ya itulah asam jawa,siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan yang satu ini,Asam jawa memiliki nama ilmiah Tamarindus indica L. Di beberapa daerah juga dikenal dengan nama asem, tangkal asem, dan celangi. Asam jawa merupakan tumbuhan pohon dengan potensi tinggi dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 meter. Daunnya rindang dan bertangkai panjang.selain menjadi salah satu campuran masakan indonesia,Ternyata Asam Jawa memiliki Fakta menarik.



1. Biji Asam Jawa bisa di makan.
Ternyata biji dari Asam jawa itu bisa di makan loh,tapi jangan langsung di makan begitu saja tentunya dengan proses yaitu dengan cara direndam dan direbus, atau setelah dipanggang. Selain itu, biji asam juga dijadikan tepung untuk membuat kue atau roti.

2. Asam Jawa bisa membantu menurunkan Demam.
Daun muda Asam Jawa dapat membantu mengobati demam dan batuk yaitu dengan cara merebus daunnya.

3. Kulit kayu Asam jawa dapat di gunakan untuk mebel.
Kayu teras asam jawa berwarna coklat kemerahan, berat, keras, padat, awet dan bertekstur halus, sehingga kerap digunakan untuk membuat mebel, kerajinan, ukir-ukiran dan patung.

 4. Pohon-Pohon Asam Jawa sebagai petunjuk Kontak .
 Pelaut-pelaut Bugis pada masa lalu diketahui menanam pohon asam jawa di pantai utara Australia, di Northern Territory di saat mereka beristirahat menunggu datangnya angin untuk kembali ke daerah asal. Pohon-pohon asam jawa ini menjadi petunjuk kontak orang Aborigin setempat terhadap orang luar sebelum kedatangan orang Eropa.

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar :

Posting Komentar