Senin, 28 Januari 2013

WISATA KABUPATEN SINJAI

Ada yang pernah kesinjai nggak ??? atau baru dengar kabupaten ini?Kabupaten Sinjai adalah salah satu Daerah Tingkat II di profinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sinjai.Kabupaten ini memiliki luas wilayah 819,96 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 250.000 jiwa.

Sinjai secara geografis terdiri atas dataran rendah di kecamatan Sinjai Utara, Tellu Limpoe dan Sinjai Timur. Selanjutnya daerah dataran tinggi dimulai dari Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Selatan dan Sinjai Borong. Sedangkan kecamatan terunik adalah kecamatan Pulau Sembilan berupa hamparan 9 pulau yang berderet  sampai mendekati Pulau Buton.

Kabupaten Sinjai terletak di bagian pantai timur Propinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 223 km dari kota Makassar. Posisi wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bone (bagian Utara), Teluk. Bone (bagian Timur), Kabupaten Bulukumba (di bagian Selatan) dan Kabupaten Gowa (di bagian Barat) .
Luas wilayahnya berdasarkan data yang ada sekitar 819,96 km2 (81.996 ha).

Bukan hanya di lihat dari geografisnya saja ,tetapi banyak potensi wisata yang ada di sinjai yang harus anda kunjungi.

Pulau Sembilan 


pulau sembilan adalah salah satu kecamatan yang ada di sinjai,Untuk menuju ke sana, pengunjung biasanya melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Ujung, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.panorama yang sangat eksotik membuat pulau sembilan ini menjadi icon baru untuk warga sinjai.

Jejeran sembilan pulau yang tampak sepeti bukit di tengah laut begitu indah di pandang. Keanekaragaman karang dan ikan juga merupakan daya tarik untuk melakukan kegiatan penyelaman di sekitar pulau ini.


wisata purbakala Batu pake' Gojeng


Taman Purbakala  Gojeng Terletak di kelurahan Biringere Kec. Sinjai Utara lebih kurang 2 km dari pusat kota Sinjai.
Bukit gojeng adalah taman wisata purbakala di sana terdapat banyak situs berbatuan purbakala,harga tiket masuk sekitar Rp.2000.00.

Puncak Bukit Gojeng berada di ketinggian 125 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggiannya, nampak jelas pemandangan hamparan rumah-rumah penduduk, kantor pemerintah, sekolah dan pasar sentral Kota Sinjai. Sejauh mata memandang, tampak juga deretan Pulau Sembilan di tengah laut, bentangan pohon bakau dan sawah-sawah yang terhampar luas. di wilayah Kecamatan Sinjai Timur tampak begitu subur dan elok di pandang. 

Air terjung kembar Batubarae


Pemandangn yang di sajikan oleh Air terjung kembar yang ada di desa Barambang  Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai. Jaraknya sekira 50 kilometer dari kota Sinjai dan membutuhkan waktu tempuh sekira 1,5 jam. sangat indah dengan Tinggi air terjun sekitar 37-80 meter dengan kemiringan 85 derajat. Air terjun kembar Batubarae menambah kekaguman orarang yang melihatnya. 
objek wisata ini menawarkan pesona alami yang menakjubkan. Karakteristik khasnya memberi suguhan panorama alam nan sejuk. Deretan pepohonan rindang menambah keindahannya.

Barisan anak tangga yang dibentuk khusus mirip rangka manusia berada di sisi tengah kedua air terjun dan menjadi daya tarik tersendiri. Disebut mirip rangka manusia lantaran terbagi tiga bagian yakni punggung, badan, dan diakhiri dua rangkaian akhir menyerupai kaki manusia.
Bagaimana???Anda berminat ke Kabupaten Sinjai ????





1 komentar :

  1. wah salah satu destinasi wisata yang masih mionim pengunjung perlu di promosikan nih

    BalasHapus