Kamis, 21 Februari 2013

MANFAAT JINTAN HITAM UNTUK KESEHATAN



Biji jintan hitam atau Nigella sativa dikenal sebagai bahan jamu untuk pengobatan herbal.banyak manfaat yang terkandung dalam biji jintan hitam ini,di bawah ini adalah beberapa manfaat dari jintan hitam bagi kesehatan :




Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Jintan Hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektifitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan Plasebo yang hanya 7%. Dengan demikian mengkonsumsi Habbatussauda dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama dari penyakit kanker dan AIDS.
Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Habbatussauda memiliki kandungan asam linoleat yang merupakan nutrisi bagi sel otak dan berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta dapat memperbaiki peredaran darah ke otak.
Meningkatkan bioaktivitas hormon
Habbatussauda mengandung sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormone.
Menetralkan racun dalam tubuh
Habbatussauda memiliki kandungan saponin, yang dapat menetralkan dan membersihkan racun di dalam tubuh. Racun dapat mengganggu metabolism dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan.
Mengatasi stress
Saponin yang terdapat dalam Habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta dapat mempengaruhi fungsi ginjal, jantung, syaraf serta otot tubuh. Saponin juga dapat mempertahankan diri dari perubahan lingkungan,dan dapat menghilangkan stress.
Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habatussauda mengandung minyak atsiri dan volatile yang diketahuimanfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional, minyak atsiri digunakan untuk mengobati diare. Penelitian mengatakan bahwa minyak volatile lebih ampuh membunuh bakteri E Coli dan Colera disbanding antibiotic lainnya.
Melancarkan air susu ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang ada pada Habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu.
Anti tumor
Habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody

1 komentar :

  1. Jintan hitam bisa juga mentasi stress ya, makasih infonya.

    BalasHapus