Senin, 04 Februari 2013

PRANGKO SERI TAHUN ULAR DI LUNCURKAN

Masih biasa menulis surat??seperti jaman -jaman dulu tuh,masih ingatkan setiap mau ngirim surat pasti pake prangko,ada yang gambar hewan,tokoh-tokoh dunia dan lain sebagainya,nah bagi pecinta pranko atau para kaum filatelis,ini ada pranko baru seri tahun ular.
Dalam rangka perayaan tahun ular 2013 yang bertepatan pada tanggal 10 Februari 2013 dan akan berakhir pada tanggal 30 Januari 2014.pemerintah indonesia menerbitkan prangko seri tahun Ular yang diterbitkan pada tanggal 22 Januari  2013.seri shio ini adalah seri yang ke 7 yang telah di terbitkan.
Pada penerbitan Prangko seri tahun Ular 2013 ini  PT. Pos Indonesia (Persero)  dan Lembaga  Indonesia China (LIC)   melakukan Grand Launching di Grand Indonesia Mall pada tanggal 5 Februari 2013.

nah ini dia Prangko Tahun Ular 2013 terdiri dari 3 ( tiga ) buah desain dengan mengangkat objek-objek menarik yaitu :

1.    NAJA SPUTATRIX
Yaitu menggambarkan Ular Kobra Indonesia (Naja Sputatrix), atau lebih dikenal dengan nama lokal Ular Sendok Jawa.
Walaupun bukan termasuk kedalam spesies yang terancam punah, namun jumlah spesies ini setiap tahunnya semakin berkurang akibat perdagangan kulit Ular dan perdagangan ular ini sebagai hewan piaraan.
Prangko ini dilukis oleh seniman ITB : Guruh Ramdani.

2.    DEWA RUCI
Yaitu Cerita Pewayangan yang sangat terkenal “Dewa Ruci “, pertarungan antara Bima dengan seekor Ular yang hidup di Samudra demi mendapatkan “ Kesempurnaan “.
Prangko ini dilukis oleh seniman ITB : Guruh Ramdani.

3.    NAGA SEBA
Adalah merupakan motif Batik yang menggambarkan  ular dan Burung ( Sayap ). Motif Naga seba merupakan motif batik Keraton yang dipengaruhi oleh Hindu dan Islam. Seperti halnyaKereta Singa Barong dan Paksi Naga Liman.Naga Seba memadukan objek Ular dan sayap sebagai salah satu lambang Kesultanan Cirebon.
Prangko ini dilukis di atas kaca oleh Pelukis Kaca Tradisional Cirebon:  Bambang Sonjaya.

sumber : http://www.posindonesia.co.id


Tidak ada komentar :

Posting Komentar